Alvy Rizka Aldyza: LEBAH… SANG PENGHASIL MADU

LEBAH… SANG PENGHASIL MADU
Alvy Rizka Aldyza

Buzz..Buzz…Buzz….

Inilah suara khas dari seekor binatang yang istimewa dari Ordo Hymenoptera, sang penghasil madu yang sangat disukai oleh manusia. Lebah! Apa yang kamu tahu tentang lebah?? Mau tau?? Berikut sekilas info tentang lebah, sang penghasil madu.

Ada lebah madu yang memiliki sengat yang mematikan dan ada yang tidak bisa menyengat. Lebah madu yang memiliki sengat seperti spesies Apis Dorsata, Apis Cerana, Apis Mellifera, Apis Unicolor. Lebah madu tidak bersengat (tergolong Famili Melinopedae) disebut stingless honeybee dan dengan genus Trigona sp dan Melipona. Trigona sp dijumpai di negara tropis seperti Malaysia, Filipina dan Indonesia, termasuk Australia. Trigona menghasilkan madu yang rasanya asam.

Tahukah kamu?  Al Qur’an juga menempatkan secara istimewa lebah madu menjadi sebuah judul yaitu An Nahl (Lebah Madu). Dalam salah satu ayatnya (Surah An Nahl ayat 68-69) :

68. Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”,

69. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir.”

Lebah madu sungguh unik. Berikut adalah 20 fakta menakjubkan tentang lebah madu…

  1. Lebah madu telah bertahan hidup sekitar 30 juta tahun.
  2. Lebah madu adalah satu-satunya serangga yang memproduksi makanan yang dimakan oleh manusia.
  3. Lebah madu merupakan serangga ramah lingkungan, perannya sangat penting sebagai pembantu penyerbukan bunga.
  4. Mereka adalah serangga dengan nama ilmiah – Apis Melifera.
  5. Mereka memiliki 6 kaki, 2 mata, dan 2 sayap, sebuah kantong nektar, dan perut.
  6. Lebah madu mengepakkan sayap (lebih dari) 11.400 kali per menit, sehingga membuat mereka terdengar suara seperti zzz zzz zzzz.
  7. Lebah madu dapat terbang hingga enam mil, dengan kecepatan 15 mil per jam. Lebah madu harus terbang sekitar 90.000 mil (tiga kali mengelilingi dunia) untuk membuat satu setengah kilo madu.
  8. Rata-rata lebah madu akan benar-benar membuat hanya satu dari kedua belas sendok teh madu dalam hayatnya.
  9. Akan memakan waktu sekitar 556 pekerja untuk mengumpulkan 1 setengah kilo madu dari sekitar 2 juta bunga.
  10. Hanya butuh satu rasa madu untuk bahan bakar jalan bagi si lebah pekerja dalam mencari madu yang hampir mengelilingi dunia.
  11. Lebah madu hinggap 50 sampai 100 koleksi bunga selama perjalanan mencari madu.
  12. Satu koloni lebah terdiri dari satu 20000-60000 lebah pekerja dan satu ratu lebah madu.
  13. Lebah madu pekerja adalah betina, tinggal 6 sampai 8 minggu dalam melakukan semua pekerjaannya.
  14. Ratu lebah madu hidup sekitar 2-3 tahun dan kerjanya hanya bertelur. Paling sibuk di musim panas, dan dapat bertelur hingga 2500 telur per hari.
  15. Pejantan lebah madu yang disebut drones dan mereka tidak bekerja sama sekali, karena tidak memiliki alat, yang mereka lakukan hanya perkawinan.
  16. Setiap koloni lebah madu mempunyai bau yang unik untuk mengidentifikasi masing-masing anggotanya.
  17. Lebah madu pekerja hanya akan menyengat jika mereka merasa terancam, dan mereka akan mati bersamaan dengan menyengat. Ratu lebah madu juga mempunyai penyegat, tapi tidak meninggalkan sarang lebah, karena untuk menjaga bertahan.
  18. Diperkirakan 1100 sengatan lebah madu dapat mengakibatkan kematian.
  19. Lebah madu berkomunikasi satu dengan yang lainnya dengan “menari”.

20.  Selama musim dingin, lebah madu memakan madu yang mereka kumpulkan sendiri pada musim panas. Pada musim dingin juga mereka membentuk kelompok ketat dalam sarang lebah untuk menjaga ratu sendiri dan hangat.

Tuh.. sudah tau kan? Bagaimana lelahnya lebah madu bekerja keras membantu ala mini. Ia membantu penyerbukan, menghasilkan madu bagi manusia, melindungi ratunya dan lain-lain. Bila kamu melihat lebah ataupun sarang lebah, jangan diganggu. Karena sebenarnya, lebah itu tidak jahat kok! Sebab alat sengat uang mereka gunakan hanya untuk melindungi diri dari musuh. Ia pun akan kesakitan bahkan mati bila menyengat. Tetapi, banyak anak-anak ketika melihat sarang lebah mengganggunya dengan melempar batu, kayu dan sebagainya, kemudian lari terbirit-birit saat dikejar dan akan menangis setelah disengat. Orang tua si anak akan memaki-maki sang lebah. Tetapi, lebah tetap sabar kan? Buktinya, madu masih dihasilkan olehnya. Jadi, mulai sekarang, jangan mengganggu lebah ya…..

Alvi Rizka Aldyza
Siswi kelas 1 SMA
Fajar Hidayah Integrated Boarding School

About these ads

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

2 Responses to Alvy Rizka Aldyza: LEBAH… SANG PENGHASIL MADU

  1. ali says:

    hewan hebat and smart
    really Arcitectur

    • myschool says:

      Itulah berkah dari Dzat Yang Maha Agung, semua sdh diatur oleh-Nya.. apa jadinya dunia ini tanpa bangsa mereka yang menyuburkan tanaman utk kita, para insan yg hanya mengandalka nafsu demi kepuasan??

      Thanks 4 the comment.. mulai sekarang, sayangi lebah.. (klo bisa dibudidayakan!!)

      Salam Hangat,, PemRed My School :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s