Ilmu Menurut Pandangan Islam

ILMU MENURUT PANDANGAN ISLAM
Alvi Rizka Aldyza

Seseorang hidup di dunia akan terasa hampa tanpa ilmu yang dimilikinya. Itulah sebabnya adanya sekolah dan sarana pendidikan lainnya yang tujuan umumnya adalah sama, yaitu memajukan mutu dan kualitas pendidikan. Jadi, adanya sarana pendidikan yang memadai akan melahirkan generasi yang berkualitas tinggi.

Menuntut ilmu itu merupakan suatu kewajiban. Sabda Nabi Muhammad Saw, “Talabul ilmi faridhatun ‘ala kulli muslim.” Artinya adalah “menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim”. Itu artinya, menuntut ilmu tak perlu diragukan lagi, tak harus berpikir dua kali (apakah saya harus sekolah?). Karena Nabi Muhammad Saw pun bersabda yang artinya, “jika kamu ingin hidup bahagia di dunia, maka tuntutlah ilmu. Jika kamu ingin hidup bahagia di akhirat, maka tuntutlah ilmu. Jika kamu ingin hidup bahagia di dunia dan akhirat, maka tuntutlah ilmu.” Sudah jelas hadits ini menyimpulkan bahwa kita sebagai manusia terutama sebagai umat Islam harus menuntut ilmu duniawi dan ukhrawi, karena Islam adalah agama yang kompleks dan seimbang. Tidak melebihkan dunia, tidak pula melebihkan akhirat.

Ilmu tak mengenal batas usia, asalkan kita masih ada kemauan untuk menyambutnya. Sebab Nabi Muhammad Saw bersabda, “Uthlubul ilmi minal mahdi ilal lahdi.” Yang artinya, “tuntutlah ilmu dari ayunan sampai ke liang lahat.” Artinya, kita menuntut ilmu sejak kecil hingga kita dicabut ruh oleh malaikat pencabut nyawa. Karena itu, usia yang tua bukanlah masalah besar yang menjadi penghalang dalam menuntut ilmu.

Jadi, kita sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas tinggi dan berakhlak mulia harus mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus ilmu pengetahuan agama Islam. Mengapa? Karena ilmu pengetahuan dan teknologi akan memberikan kita jalan yang mudah dalam menghadapi kuatnya arus globalisasi di dunia. Dan mempelajari ilmu agama Islam sebagai hamba Allah yang bertaqwa, sebagai bukti cinta kita kepada Sang Khaliq, sebab ilmu itu laksana cahaya Ilahi.  Jadi, belajarlah!!

Alvi Rizka Aldyza
Siswi X SMA Fajar Hidayah Integrated Boarding School
Blang Bintang-Aceh Besar

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s