Mawaddah: GREEN CLUB

GREEN CLUB
Mawaddah

Di sekolahku, terdapat berbagai  club salah satunya adalah GREEN CLUB. Anggota Green Club, saat ini sedang menanam kubis bunga atau biasa di sebut Brokoli. Dengan tujuan untuk menghijaukan sekolah dan sekaligus melatih mandiri dan berwirausaha, meskipun hanya kubis bunga kami dapat  ikut melestarikan lingkungan sekolah kami .

Kubis

Insya Allah panen kubis kami akan seperti ini!

Aku penasaran ada apa tentang kubis bunga akhirnya aku browsing di internet, ternyata kubis bunga atau biasa kita menyebutnya sebagai bunga kol merupakan tumbuhan yang termasuk dalam kelompok botrytis dari jenis Brassica oleracea (suku Brassicaceae). Sebagai sayuran, tumbuhan ini lazim dikenal sebagai kembang kol yang merupakan terjemahan harafiah dari bahasa Belanda bloemkool.

Kubis bunga berbentuk mirip dengan brokoli. Perbedannya, kubis bunga memiliki kepala bunga yang banyak dan teratur dengan padat. Hanya “kepala” kembang kol yang lazim dimakan (dalam literatur berbahasa Inggris disebut white curd). Pada dasar kepala tersebut terdapat daun-daun hijau yang tebal dan tersusun rapat.  Ternyata Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu, meskipun dapat pula dimakan mentah maupun dijadikan acar. Selain itu  bunga kol  mengandung zat antigizi pula (goiterogen, “pembangkit kembung”) sehingga perlu dipertimbangkan pembatasan konsumsinya.

Bunga Kol Mengandung Antioksidan,     sebagai anti oksidan karena dapat mencegah terjadinya anemia. Dengan fungsi antioksidan ini, maka dengan konsumsi brokoli atau bunga kol, bisa membantu untuk mencegah terjadinya kerusakan dari sel, karena tubuh kita terdiri atas ribuan sel.

Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Brokoli juga mengandung senyawaan isotiosianat, sebagaimana sulforafana yang ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

Bunga kol kami sudah tumbuh dewasa, sebentar lagi akan berbunga, setiap hari kami piket menyiram, mereka subur-subur, sesubur semangat kami untuk berusaha menghasilkan sesuatu dari usaha kami bersama. Doain kami agar cepat panen ya……………….!

By: Mawaddah

Fajar Hidayah Integrated Boarding School

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Mawaddah. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s