Kapan siiih.. Seharusnya Kita Memperingati Hari Kebangkitan Nasional??

Alvi Rizka Aldyza

Sampai sekarang, pemerintah dan warga Indonesia masih saja memperingati tiap tanggal 20 Mei sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Tanggal ini merujuk pada 20 Mei 1908, saat lahirnya organisasi Jawa priyayi yang bersahabat dengan penjajah Belanda bernama Boedhi Oetomo (BO). Banyak tokoh yang merupakan anggota Freemasonry dan kaki tangan penjajah Belanda. BO juga anti nasionalisme dan cenderung rela menjadi pelayan dari kepentingan penjajah. Selain orang Jawa, dilarang jadi BO.

Kebangkitan Nasional bangsa ini seharusnya berpatokan pada tanggal didirikannya Syarikat Islam (SI) yang telah berdiri 3 tahun sebelum BO berdiri. SI didirikan pada tanggal 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi dkk. Ini merupakan organisasi Islam yang terpanjang dan tertua umurnya dari semua organisasi massa di tanah air Indonesia.

Berbeda dengan BO yang hanya memperjuangkan nasib orang Jawa dan Madura juga hanya menerima keanggotaan orang Jawa dan Madura, sehingga para pengurusnya pun hanya terdiri dari orang-orang Jawa dan Madura. Sifat SI lebih nasionalis. Keanggotaan SI terbuka bagi siapa saja, semua rakyat Indonesia yang mayoritas Islam. Sebab itu, susunan pengurusnya pun terdiri dari berbagai macam suku, seperti: Tjokrominato yang berasal dari Jawa Timur, Agus Salim dan Abdoel Moeis yang berasal dari Sumatera Barat, AM. Sangaji dari Maluku dan lain-lain. SI juga telah mencita-citakan kemerdekaan Indonesia, sesuatu yang tak pernah disinggung oleh Budi Oetomo.

Jadi, Hari Kebangkitan Nasional seharusnya diperingati tiap tanggal 16 Oktober, bukan 20 Mei. Tapi ya…….. mau bagaimana lagi???

Sumber:

  1. http://ipamsu.com/utama/index.php?option=com_content&task=view&id=290&Itemid=52
  2. http://dapurperadaban.wordpress.com/2010/05/09/seharusnya-syarikat-islam-bukan-budi-utomo/
  3. http://www.sabdaspace.org/tarekat_mason_bebas_dan_boedi_oetomo_freemasonry_indonesia

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s