Pesona Sawah di Sekolahku…

Alvi Rizka Aldyza

Fajar Hidayah adalah sekolahku yang berlokasi di Desa Cot Mon Raya, Blang Bintang, Aceh Besar. Pesona alamnya sangat menakjubkan. Pemandangannya sangat indah sebab dihadapannya pemandangan  warna-warni yang membuatku selalu takjub dan kagum serta selalu mengucap Subhanallah, Maha Suci Allah yang telah menciptakan alam seindah itu. Lho? Ada yang janggal? Kok pemandangannya warna-warni? Mengapa tidak? Pemandangan sawah yang hijau begitu indah, dengan pegunungan yang menjulang tinggi yang tampak berwarna biru, di beberapa bagian pegunungan ada awan putih seperti kapas yang kupikir sangat empuk seandainya awan bukan terbuat dari zat gas, ditambah dengan sinar mentari yang kekuningan dan akan kemerah-merahan jika akan terbenam. Aku sangat menyukai matahari terbenam sehingga aku selalu menantinya.

Pesona Sawah di Kampus Fajar Hidayah Blang Bintang

Biasanya, pada hari libur aku dan teman-teman melepas stres, penat dan lelah dengan berjalan-jalan ke sawah. Ada yang membantu para petani, berteriak-teriak sambil menyanyi, duduk-duduk dan aku biasanya menatap tumbuhan yang ada di sawah, yaitu padi. Nah… aku akan memberitahu beberapa informasi tentang tumbuhan yang menjadi makanan pokok kita ini.

Dalam ilmu biologi, tumbuhan padi merupakan Kingdom: Plantae (Tumbuhan), Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh), Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji), Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga), Classis: Liliopsida (berkeping satu / monokotil), Sub Classis: Commelinidae, Ordo: Poales, Famili: Poaceae (suku rumput-rumputan), Genus: Oryza dan Spesies: Oryza sativa.

Tumbuhan yang satu ini sangat bermanfaat dan memiliki banyak khasiat dalam bidang ksehatan selain sebagai makanan yang memberi energi, diantaranya adalah dapat menyembuhkan penyakit tidak nafsu makan, gangguan pencernaan, beri-beri, kesemutan, keguguran, demam, diare, rematik, keseleo, bisul, radang payudara, radang kulit, rambut kotor, keringat berlebihan, membunuh cacing (antelmintik), sebagai penawar racun, memelihara lambung, patinya berkhasiat sebagai pelembut kulit dan peluruh kencing.

Pernahkah kamu mendengar kisah Nabi Musa as yang ada hubungannya dengan padi? Suatu hari, Nabi Musa as bermunajat kepada Allah: “Ya Allah. Katanya Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Tetapi mengapa masih ada hamba-Mu yang dimasukkan ke dalam neraka?” Allah SWT tidak menjawab langsung, tapi menyuruh Musa menanam padi sampai dipanen dan hasilnya dibawa pulang kerumah. Perintah Allah itu dikerjakan Nabi Musa AS. Kemudian Allah SWT bertanya: “Apakah semua padi hasil panen itu kau bawa pulang kerumah?” Musa menjawab: “Tidak, ya Allah! Yang saya bawa pulang adalah padi yang baik. Sedang yang tidak baik (hampa) dan busuk, saya bakar, agar tidak merusak padi yang baik-baik.” Lalu Allah SWT menjawab: “Begitulah, wahai Musa. Bagi hamba-hamba-Ku yang baik, Aku masukkan ke dalam surga-Ku. Tapi yang tidak baik Aku bakar agar tidak merusak hamba-Ku yang baik-baik.

Sifat padi juga mempunyai hikmah bagi manusia. Sehingga ada pepatah yang mengatakan, “jadilah seperti padi yang semakin berisi, akan semakin menunduk!” maksudnya adalah, kita manusia, jika semakin banyak ilmu seperti padi yang berisi, harus bersikap rendah hati seperti padi yang menunduk. Unik bukan? Tumbuhan yang satu ini? Bersyukurlah pada Allah Swt atas semua yang telah dianugerahkan-Nya, termasuk padi. Begitu juga denganku. Tak hanya bersyukur, dalam hati aku juga berterimakasih pada sang petani sebagai manusia yang sangat hebat mengubah padi menjadi sumber energi. Alhamdulillah….

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

4 Responses to Pesona Sawah di Sekolahku…

  1. Irottemoorp says:

    Just want to say what a great blog you got here!
    I’ve been around for quite a lot of time, but finally decided to show my appreciation of your work!

    Thumbs up, and keep it going!

    Cheers
    Christian, iwspo.net

  2. Singgah…..salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s