BUSINESS DAY

Pada hari Jum’at, tanggal 07 Mei 2010, tepatnya pada pkl. 09.00 WIB, Fajar Hidayah bekerja sama dengan Bank Syari’ah mengadakan sebuah acara yang sangat menarik dan tentunya bermanfaat, yaitu “Business Day” yang artinya Hari Bisnis. Acara ini bertujuan untuk menciptakan generasi Muslim/Muslimah untuk memperdalam ilmu ekonomi dengan cara memperhatikan lembaga-lembaga ekonomi kemasyarakatan dan melakukan kegiatan ekonomi yang berlandaskan dengan nilai-nilai Islam dan berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits. Acara ini tak hanya diikuti oleh para siswi SMA Fajar Hidayah Blang Bintang, namun juga beberapa orang siswa dan siswi dari SMA Fajar Hidayah Eumpee Awee yang dilaksanakan di hall lantai 2 Fajar Hidayah Integrated Boarding School Blang Bintang, Aceh Besar.

Diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh salah satu ikhwan, tampak para murid dan beberapa guru antusias mengikuti acara ini mengingat negara Indonesia yang masih tergolong negara berkembang dan hilangnya nilai-nilai Islam dalam aspek kehidupan ekonomi. Padahal, Indonesia adalah negara yang penduduknya mayoritas Islam.

Selanjutnya, acara diisi dengan kata-kata sambutan dan akhirnya sampailah pada acara pokok, yaitu seminar yang diisi oleh Kak Arif, berasal dari Sulawesi dan salah satu dari 3 perwakilan Bank Syariah yang hadir di lokasi tersebut.

Banyak hal penting yang disampaikan oleh Kak Arif, diantaranya adalah memperhatikan tata cara pelaksanaan bank Pemerintah (yang memakai bunga uang) dan Bank Syari’ah (yang tidak memakai bunga uang), visi dan misi dari Bank Sya’riah, menjelaskan tentang pinjam-meminjam, utang piutang, penggadaian dan bagi hasil, dan masih banyak lagi. Dan semua itu Kak Arif kaitkan dengan Al-Qur’an dan hadits. Misalnya, ayat yang berhubungan dengan utang piutang adalah ayat yang terpanjang dalam Al-Qur’an yaitu Q.S. Al-Baqarah:282.

Penjelasan yang diberikan oleh Kak Arif tidak membosankan, sangat menyenangkan dan mudah untuk dipahami dan terkadang Kak Arif membuat kami tertawa dengan humor dan leluconnya. Hingga tiba saatnya diskusi, banyak hal yang dipertanyakan menyangkut dengan bisnis dan masalah perekonomian baik dari pihak guru maupun murid. Pertanyaan yang diberikan pun sangat menarik, begitu juga jawaban dari Kak Arif.

Akhirnya, acara Business Day selesai diakhiri dengan ucapan terima kasih, Hamdallah dan salam perpisahan kepada Bank Syari’ah yang telah memberikan wawasan ekonomi yang luas dan sangat berguna bagi kita semua, terutama bagi generasi Muslim-Muslimah Indonesia di dunia. Jadi, segala apa yang kita lakukan, tetaplah berpegang teguh pada nilai-nilai Islam dan berpedoman pada Al-Qur’an dan hadits!

By : Alvi Rizka Aldyza

Siswi X SMA Fajar Hidayah Integrated Boarding School

Blang Bintang-Aceh Besar

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s