MATEMATIKA… SIAPA TAKUT??

Oleh Alvi Rizka Aldyza

Matematika itu Mudah!” Sekilas kulihat judul itu pada sebuah buku berukuran kecil dan agak tebal di perpustakaan Lab School Unsyiah saat aku masih di bangku SMP. Sejenak aku berpikir, semudah itukah Matematika?? Padahal, aku berjuang mati-matian untuk Ujian Nasional demi nilai Matematika, hingga aku les di 2 tempat yang berbeda.”

Dahulu, aku mempunyai seorang teman yang jika ia melihat lembaran soal Matematika, matanya terbelalak dan mulutnya terbuka lebar, kaget memandang setiap angka yang tertera. Aku juga mempunyai teman yang jika aku menyebut kata ‘Matematika’ ia akan berkata, “oh no! Matematika! Aku paling gak suka Matematika!” dan masih banyak contoh teman lain yang tampaknya sangat ‘phobia’ terhadap Matematika.

Dan aku sendiri, adalah salah satu dari sekian banyak orang yang lemah dalam Matematika, tetapi aku tetap menyukai pelajaran yang satu ini. Karena, sejak SD hingga SMP guru Matematikaku seru semua. Itulah sebabnya banyak orang tua mengatakan, cintai guru terlebih dahulu, maka kamu akan mencintai pelajarannya!

Sebelum masuk SMA (Fajar Hidayah Integrated Boarding School Blang Bintang), terkadang aku memiliki firasat buruk terhadap guru Matematika. Entah apa yang kupikirkan!! Setelah masuk SMA, ternyata apa yang kusangka buruk selama ini jauh dari yang aku bayangkan. Justru, guru Matematikaku yang satu ini sangat menarik. Tidak hanya dari cara mengajar, tetapi juga cara beliau berkomunikasi dengan muridnya yang sangat ramah dan terkenal murah senyum.

Bagiku, beliau adalah guru yang paling ‘matching’ diantara semua guru yang ada (bukan berarti yang lain tidak matching!). Beliau mengajar kami dengan penuh kesabaran dan keuletan meskipun kuyakin ia tahu bahwa banyak yang tidak suka dengan pelajarannya, meskipun hanya sebagian siswi yang memiliki minat belajar Matematika.

Hingga kini, aku masih menyukai Matematika meskipun nilai Matematika tidak bagus-bagus amat… Yang pasti, aku mendapatkan ilmu yang bermanfaat! Salah satu dari tiga amalan yang tiada pernah putus hingga akhir hayat. Aku akan berusaha untuk bisa memahami pelajaran yang satu ini walaupun aku tidak terlalu pintar dalam ilmu eksak.

Bagiku, Matematika itu gampang-gampang susah!! Bukan susah-susah gampang!! (lebih banyak gampangnya daripada susahnya).

So… Matematika, siapa takut??

Alvi Rizka Aldyza

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s