TNI AU IKUT MEMPERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Oleh Alvi Rizka Aldyza

Pada hari Minggu, 13 Juni 2010, tepatnya pkl. 09.00 WIB,  enam penerjun dari Pangkalan TNI AU Lanud Sultan Iskandar Muda melakukan aksi terjun payung dari ketinggian 7000 meter berlokasi di lapangan Blang Padang yang ditonton oleh ratusan orang. Aksi ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia atau dinamakan “ORPHAN CARE ACEH BLUE SKY CLUB In the Event of ACEH GREEN AIR CAMPAIGN, 2010”.

Sebelumnya, para penerjun telah melakukan persiapan yang matang meliputi persiapan fisik, mental dan perlengkapan. Persiapan perlengkapan diantaranya adalah Fly Cap sebagai penutup/pelindung kepala, Diter yang berfungsi untuk mengingatkan bahwa ketinggian sudah mencapat limit (Alarm Feet), Glove/sarung tangan, Gogle, Altimeter sebagai alat pengukur ketinggian saat di udara dan yang paling utama adalah parasut yang terdiri atas parasut utama dan cadangan.

Keenam penerjun akan terjun dari pesawat C212 Casa dengan nomor A-2107 yang terdiri atas 3 pintu; samping kiri depan, samping kiri belakang dan pintu belakang. Melalui pintu belakanglah para penerjun akan melakukan aksinya, dengan seorang pilot yaitu Pak Yulianto yang telah berpengalaman selama hampir 7 tahun. Beliau mengatakan bahwa salah satu fungsi pesawat tersebut adalah untuk pemantauan wilayah dari udara yang dilakukan oleh tim khusus.

Pesawat Casa ini tiba di Lanud SIM dari Medan pada pkl. 08.07 WIB. Setelah pengisian bahan bakar (Avtur) dan pengecekan pesawat, pkl. 08.34 para penumpang yang akan melihat langsung aksi terjun dari pesawat diperintahkan untuk segera naik ke pesawat. Selain pilot dan co-pilot, ada beberapa penumpang lainnya yaitu 3 teknisi pesawat, Pak Agung, 6 penerjun termasuk salah satunya Pak Chondro Widarto (penerjun profesional) yang nantinya akan terjun sambil membawa bendera bertuliskan “SELAMATKAN HUTAN ACEH” dan perwakilan dari Fajar Hidayah Integrated Boarding School Blang Bintang yaitu Ibu Dwi Andini dan jurnalis cilik Alvi Rizka Aldyza, siswi SMA kelas XI Fajar Hidayah. Sekitar 8 menit kemudian, pesawat C212 Casa pun take off dari Lanud SIM.

Pkl. 08.50 WIB, jarum di Altimeter menunjukkan pesawat terbang di ketinggian 6000 meter lebih. Barulah pada pkl 08.56, pesawat terbang di posisi 7000 meter. Alarm tiga kali berbunyi menunjukkan pintu belakang dibuka. Alarm dua kali, 3 penerjun bersiap-siap dan pada pkl. 09.00 WIB, alarm terakhir dengan sekali bunyi… HOOOPP!! 3 penerjun melompat satu-persatu!

Lalu, pada pkl. 09.12 WIB, tiga penerjun lagi (salah satunya Pak Chondro) terjun dengan ketinggian yang sama, yaitu 7000 meter. Pesawat C212 Casa kembali ke Lanud SIM dan mendarat pada pkl. 09.21 WIB.

Alhamdulillah, keenam penerjun berhasil mendarat dengan selamat di lapangan Blang Padang yang disaksikan oleh ratusan pasang mata, termasuk siswi-siswi Fajar Hidayah Integrated Boarding School, Blang Bintang. Kini, para prajurit TNI AU tak asing lagi di mata masyarakat Aceh. Semoga, TNI AU tetap berjaya!!

Alvi Rizka Aldyza

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

2 Responses to TNI AU IKUT MEMPERINGATI HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

  1. Panglima Yatim Rafiq says:

    Nama Acaranya: Kampanye Udara Aceh Hijau(Aceh Gréen Air Campaign). Pelaksana Yayasan Orphan Care. Penerjunnya an.Fasida Aceh & Aceh Blue Sky Club. Jg pd Hr tsb. ada Gerak jalan Lingkungan, Pawai sepeda, Parade Musik Hijau Aceh & Marching Band.Salam.

    • myschool says:

      Thanks 4 your information..
      Karena saat itu, Alvi hanya fokus pada aksi terjunnya saja. gak taunya ada yang lain.. Insya Allah akan saya ubah,, jika ada keluangan waktu..
      sekali lagi,, terima kasih..

      Best regards from Fajar Hidayah Aceh…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s