KETIKA PENDIDIK PAUD BERPERAN AKTIF…

Alvi Rizka Aldyza

Pada hari Jum’at, 6 Agustus 2010, tepatnya pada pkl. 08.00 WIB, HIMPAUDI (Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia) mengadakan Musyawarah Nasional II HIMPAUDI periode 2006-2010 di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta. Kegiatan ini berlangsung sejak 6-8 Agustus 2010. Satu hari setelahnya, yaitu pada hari Senin, 9 Agustus 2010, diadakan pula  beberapa pelatihan bagi tenaga pendidik PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia.

Berbicara mengenai HIMPAUDI, sebuah himpunan yang berdiri sejak tahun 2004 ini bersifat independen profesionalisme yang bergerak dalam PAUD. HIMPAUDI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidik PAUD menjadi pendidik yang profesional. HIMPAUDI juga menjalin kerja sama dengan DInas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama.

Sistematika yang dilaksanakan oleh HIMPAUDI yakni berupa penelitian/observasi dan pelatihan, seperti yang diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka, dimana beberapa pembicara yang mengisi pelatihan ini yaitu pakar pendidikan Singapore, Mrs. Puspa Sivan dan beberapa guru dari Sekolah Islam Terpadu Fajar Hidayah Kota Wisata, Cibubur: Ibu Linda Kartika Sari, Ibu Harlin Misnawati, Ibu Diawarti, Ibu Wiwi, Ibu Rina, Ibu Sari dan beberapa guru Fajar Hidayah lainnya yang ikut menghadiri dan membantu kelancaran program  tersebut. Termasuk salah satu diantaranya hadir Pendiri Yayasan Fajar Hidayah, Ibu Draga Sari Rangkuti MBA.

Pelatihan yang diberikan adalah mengenai bagaimana mendidik anak-anak usia dini secara aktif seiring dengan perkembangan anak tersebut. Sebab, sekolah adalah wadah yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak selain ruang lingkup keluarga.

Mrs. Puspa dan beberapa guru Fajar Hidayah misalnya, mereka memberikan beberapa games dimanagames tersebut sangat bermanfaat jika diajarkan pada anak. Misalnya, games untuk melatih konsentrasi, bekerja sama, berhitung, mengetahui alam sekitar, berinteraksi dengan teman dan saling mengenal, mengetahui berbagai macam warna dan bentuk, dan masih banyak lagi games menarik yang sesuai dengan tema pembelajaran.

Contohnya adalah membuat sebuah cerita dimana beberapa kata dalam cerita itu disisipi beberapa benda/bentuk (2 atau 3 dimensi). Jadi, anak pun mempu berpikir benda apa yang ia lihat dan akan ia baca sekaligus anak bsa menghitung berapa banyak benda yang dilihatnya. Benda/bentuk itu sendiri cukup dibuat dari bahan-bahan bekas. Selain melatih membaca, aktivitas ini pun membantu mengembangkan intelektual dan kreativitas sang anak serta proses berhitung. Mudah, bukan?

Ketua Umum HIMPAUDI Makassar, Sulawesi Selatan, Dra. Hj. Andi Besse Marda M.Pd. mengatakan, “event ini sangat bermanfaat mengingat pentingnya guru yang berkualitas di Indonesia, terutama bagi para pendidik PAUD. ”

Beliau juga mengakui bahwa begitu banyak pengalaman yang menyenangkan selama bergabung dengan HIMPAUDI.

“Sangat banyak pengalaman yang berkesan menjadi tenaga pendidik PAUD dan bergabung dengan HIMPAUDI, termasuk keberhasilan pencapaian target yang pernah saya raih,” ungkap beliau.

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

2 Responses to KETIKA PENDIDIK PAUD BERPERAN AKTIF…

  1. hajerah,S.Pd.I, M.Pd says:

    Assalamu’alaikum…….
    Mau Tanya kira2 syarat supaya bisa masuk anggota HIMPAUDI sulawesi selatan terutama di makassar apa saja?
    Kebetulan Saya Lulusan sPs Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bandung Jurusan Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD.

    • myschool says:

      wa’alaikumussalam…
      maaf Bu,, kami hanya memberikan info sebatas seminar yang dilaksanakan di Hotel Cempaka Putih saja,, tidak lebih.. jadi,, kami mohon maaf karen atidak memiliki info yang lebih banyak mengenai HIMPAUDI.. terima kasih telah bergabung dalam blog kami.. salam suksess…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s