SAATNYA PENGAWAS PENDIDIKAN MENJADI SOROTAN !!

Alvi Rizka Aldyza

Pada hari Kamis, 05 Agustus 2010, tepatnya pada pkl. 09.00 WIB, Fajar Hidayah bekerja sama dengan Majelis Pendidikan Daerah (MPD), Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh dan Kanwil Kementrian Agama, mengadakan sebuah acara/kegiatan yang tentunya sangat bermanfaat, yaitu Seminar/Workshop Fahmul Qur’an bagi Pengawas Sekolah TK, SD, SMP dan SMA/SMK se-Aceh tahun 2010 di Sulthan Hotel, Banda Aceh. Kegiatan ini bertujuan untuk menyatakan implementasi pendidikan yang Islami demi meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh dimana Aceh merupakan satu-satunya daerah yang menganut Syari’at Islam. Jadi, dengan adanya event ini diharapkan para pengawas pendidikan yang ada di Aceh berperan aktif dalam mengembangkan pendidikan dengan cara memperhatikan konsep-konsep Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan Hadits.

Jumlah pengawas yang hadir yakni sekitar 46 peserta. Pada acara pembukaan, Eli Wardiati, salah satu siswi SMA Fajar Hidayah Integrated Boarding School Blang Bintang, Aceh Besar menjadi pembaca Al-Qur’an. Seminar ini diisi oleh Presiden Direktur Fajar Hidayah, H. Mirdas Eka Yora Lc. M.Si, pakar pendidikan Singapore yang sudah lama bekerja sama dengan Fajar Hidayah, Mrs. Puspa Sivan, juga dimeriahkan oleh beberapa guru Fajar Hidayah seperti Ustadz Syamsul Bahri, Ibu Ananingtyas, Ibu Muamalah dan Ibu Sri Lestari.

Menurut Ketua Umum Majelis Pendidikan Daerah, Prof. DR. H. Warul Walidin A.Ka.Ma, kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat situasi pendidikan Aceh yang masih tergolong sedang dalam tahap perkembangan. Namun, beliau mengungkapkan bahwa pasca tsunami, pendidikan di Aceh semakin membaik, dengan fasilitasi sarana dan pra sarana yang memadai di hampir setiap sekolah dan peningkatan kualitas guru di Aceh. Harapan beliau ke depan adalah peningkatan dan pengembangan kualitas guru dan pendidikan, peningkatan implementasi melalui integrasi ilmu-ilmu keislaman dan kurikulum berbasis Islam.

Tampak para peserta bersemangat dan antusias memahami apa yang disampaikan oleh Pak Mirdas dan Mrs Puspa mengenai pentingnya guru yang berkualitas demi memajukan pendidikan agar tidak ada lagi masalah-masalah atau pun sistem belajar-mengajar yang baku. Mrs Puspa  juga mengatakan bahwa masalah yang sering muncul adalah saat seseorang menjadi guru karena bukan pilihan utama, melainkan karena tidak ada pilihan lain. Justru, menjadi seorang guru haruslah dari hati agar guru memahami peserta didiknya.

Berikan peluang pada anak untuk bergerak aktif agar anak berkembang dalam hal positif. Izinkan anak untuk berimajinasi supaya timbul ide-ide baru sehingga intelektual anak dapat berkembang. Para guru pun harus   mempersiapkan lesson plan (Rencana Program Pembelajaran/RPP) demi kelancaran proses belajar-mengajar. Perkembangan yang ada pada anak pun tidak hanya didukung oleh guru, namun juga melibatkan orang tua dan keluarga sebagai ruang lingkup yang paling utama dan masyarakat.

Agar suasana kelas tidak membosankan, sisipkan minimal 1 games unik dan menarik yang relevan dengan tema pembelajaran. Mrs. Puspa pun memberikan beberapa games yang menarik pada awal dan pertengahan seminar.

Ibu Ananingtyas pun menunjukan dua buah papan, yaitu papan ular tangga dan papan proses pertumbuha kacang hijau, hasil buatan siswi-siswi Fajar Hidayah Integrated Boarding School, Blang Bintang-Aceh Besar, yang digambar dan dirangkai dengan menggunakan barang-barang bekas, namun hasilnya sangat unik, menarik dan tentunya bermanfaat serta meningkatkan gairah belajar mereka.

Alhamdulillah, seminar tersebut berjalan dengan lancar. Acara diakhiri dengan menyanyi lagu gubahan “Suci dalam Islam” bersama-sama dan melafadzkan Hamdallah yang ditutup oleh Ustadz Syamsul Bahri. Seminar akan dilanjutkan kembali esok harinya pada tempat dan waktu yang sama. Kegiatan ini memberikan kesan tersendiri bagi para peserta seminar Fahmul Qur’an ini.

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s