ACEH DAY, PEUNAJOUH NGON ADAT ACEH

Oleh : Nyak Sufriati
Siswi SMP Fajar Hidayah Blang Bintang

Banda Aceh: Selasa, 05 Oktober 2010 – Fajar Hidayah Integrated Boarding School Blang Bintang, Aceh Besar mengadakan sebuah acara yang menarik, yaitu “ACEH DAY” dengan tema “Peunajoh Ngon Adat Aceh” atau “Aceh’s Food and Culture”. Acara ini turut mengundang Bapak Rusdi Aries MM selaku Kepala Bidang Pendidikan Menengah Provinsi Aceh, Dinas Pariwisata, Al-Kahfi, Aceh TV, Thayeb Loh Angen selaku jurnalis Aceh, serta mengundang murid lainnya dari Fajar Hidayah Lhoong dan Fajar Hidayah Eumpee Awee.

Acara dimulai pkl. 09.00 WIB saat hujan turun. Setelah MC membuka acara dengan lafadz Basmallah, tim tari menampilkan Tari Saman Aceh dan diakhiri dengan tepuk tangan meriah. Selanjutnya, kata sambutan sekaligus membuka acara dari Bapak Rusdi Aries MM yang dilanjutkan oleh Ust. Ade Al-Munir Rai, Kadiv Fajar Hidayah Blang Bintang. Kemudian, tim Tari Saman dari Gayo pun tampil. Dilanjutkan dengan Tari Likok Pulo yang juga menghibur para hadirin. Acara diakhiri dengan lafadz Hamdallah bersama.

Para hadirin dipersilahkan untuk menikmati hidangan atau makanan khas dari setiap stan daerah yang telah tersedia. Terdapat 11 stan, yaitu stan Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Aceh Tengah, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Aceh Selatan, dan Simeulu. Setiap stan mempersembahkan makanan, aksesoris beserta informasi dari daerah masing-masing.

Tujuan diadakan Aceh Day ini adalah untuk belajar secara langsung tentang Aceh kita ini, tidak sekedar teori yang biasa kita dapatkan di kelas. Dengan adanya acara Aceh Day ini, kita dapat belajar banyak ilmu, seperti matematika, sosiologi, seni, budaya dan ekonomi. Beberapa tarian yang ditampilkan adalah seni. Mungkin sebelumnya kita belum pernah tahu tari khas daerah masing-masing. Begitu juga dengan aksesoris dari daerah masing-masing, itu juga seni. Dan pada hari tersebut juga melatih matematika kita. Bagaimana cara menghitung harga dengan cepat. Begitu pula ilmu ekonomi, dengan menghitung untung, rugi, laba dan modal pun kita mendapatkan ilmu pada hari itu juga.  Dan yang terakhir adalah sosiologi. Saat para hadirin memasuki stan, kita berusaha mencari pelanggan atau mempromosi barang dagangan kita. Beramah-tamah dengan pelanggan pun  mengajarkan kita pada ilmu sosial.

Demikianlah, dengan satu acara ini kita dapatkan beribu manfaat. Secara langsung, kita lebih banyak tahu mengenai tanah lahir kita, bahkan yang bukan berasal dari Aceh. Oleh karena itu, sebaiknya acara seperti ini banyak diterapkan dalam meningkatkan pendidikan di Aceh.

Oleh : Nyak Sufriati

Siswi SMP Fajar Hidayah Blang Bintang

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Nyak Sufriati. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s