DI SEKOLAH INI, KURAIH ANGAN-ANGANKU

Oleh: Alvi Rizka Aldyza

Ooeekk… Ooeekkk…

Tangisan seorang bayi perempuan mungil nan montok terdengar di sebuah daerah pusat pendidikan pada penghujung bulan Februari, tepatnya pada tanggal 28 Februari 1995. Ya… itulah aku. Sebuah kebahagiaan bahwa aku diberi nama oleh orang tuaku yaitu Alvi Rizka Aldyza. Nama yang keren, bukan? Yaa.. itu sih menurutku. Sebab, Alvi artinya seribu dan Rizka artinya rezeki. Jadi, Alvi Rizka artinya Seribu Rezeki. Bagaimana dengan Aldyza? Itu sih..rahasia.. J

Aku lahir di Darussalam, sebuah tempat yang terkenal dengan Universitas Syiah Kuala sebagai pusat pendidikan. Di saat itulah, aku mulai mengenal dunia yang fana ini secara bertahap hingga aku mampu membuat artikel hidupku ini. Motto hidupku adalah “Always say ‘yes’ for all possitive things!!”

Saat ini, aku berumur 15 tahun. Aku duduk di kelas 1 SMA Fajar Hidayah Integrated Boarding School, Blang Bintang, Aceh Besar. Sekolah tersebut adalah Sekolah Islam Terpadu alias berasrama putri dengan menjunjung tinggi nilai Syari’at Islam berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits, namun juga tak ketinggalan wawasan, ilmu dan pengetahuan terutama di zaman modern ini. Itulah yang kusuka. Menyeimbangkan ilmu dunia dan akhirat. Sekolah yang llluuuuaaar biasa! Aku belum menemukan sekolah semacam ini di Indonesia selain Fajar Hidayah. Dengan guru-guru yang berkualitas dan tinggi akan ilmu duniawi dan ukhrawi, aku dan teman-teman semakin haus dengan wawasan dan pantang menyerah menghadapi berbagai macam tantangan zaman.

Di sekolah ini, pada awalnya aku merasa sangat tidak betah karena aku memang tidak pernah berpikir untuk masuk ke sekolah yang berasrama. Aku bukan anak yang mandiri, tetapi aku yakin aku bisa melakukannya. Itu sebabnya aku mencoba bertahan dan terus berdoa pada Allah Azza wa Jalla untuk betah, sanggup menghadapi segala tantangan dan rintangan dan bisa melakukan yang terbaik terutama bisa menggapai semua angan-angan dan cita-citaku.

Tak kusangka, sedikit demi sedikit angan-anganku mampu kuraih. Aku tau bahwa untuk meraihnya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena itulah, aku terus berusaha dan berdoa, meski akhirnya aku sakit-sakitan (karena aku mempunyai penyakit Asma), kulitku begitu sensitif terhadap sinar mentari yang begitu panas, tidak bisa membagi waktu dengan kesibukan ekstrakurikuler dan organisasi, beberapa tugas sekolahku terbengkalai dan banyak yang hal yang membuatku sempat “down” beberapa saat. Namun, Allah Swt masih sayang padaku. Dengan dukungan dari orang tua, keluarga, sahabat, guru dan orang-orang yang dekat denganku, aku bisa meraihnya perlahan-lahan. Alhamdulillah… J

Anganku yang pertama. Aku sangat ingin bisa menjadi pustakawati sejak duduk di Sekolah Dasar sebab aku sangat suka buku dan suasana perpustakaan yang begitu tenang dan tenteram. Ketika SMP pun tidak berhasil sebab pustakawan SMPku adalah orang dewasa. Tiba saatnya aku masuk ke Fajar Hidayah, ruang yang ingin kulihat setelah asrama adalah perpustakaannya. Dan saat itu pula aku sangat ingin untuk bisa mengelolanya. Ternyata, saat semester 2 aku dipercaya menjadi salah satu Penanggung Jawab perpustakaan. Alhamdulillah… J Di sekolah ini, kuraih angan-anganku!!

Anganku yang kedua. Aku sangat ingin beranjak dari Aceh ke negara mana saja, walau hanya sesaat. Apalagi, sebelum aku lahir, Ayah, Ummi dan kakakku pernah menetap selama 2 tahun di Amerika, tepatnya di Oregon, Amerika Utara. Aku pernah berpikir, kakakku saja bisa, mengapa aku tidak? Nah… di Fajar Hidayahlah aku bisa meraih angan itu. Saat teman-temanku sedang sibuk mengikuti ujian akhir semester 1, aku ditugaskan oleh Bapak H. Mirdas Eka Yora Lc. M.Si dan Ibu Hj. Draga Rangkuti MBA (selaku pendiri Fajar Hidayah) untuk pergi mengikuti Education Workshop ke Malaysia dan Singapore selama seminggu menjadi wartawan cilik disana bersama guru-guru Fahmul Qur’an. Tak kusangka, aku sukses menyelesaikan laporan perjalananku dimana semua yang membacanya menyukai hasil laporanku itu. Alhamdulillah… J Di sekolah ini, kuraih angan-anganku!!

Anganku yang ketiga. Pertama kali aku mengenal kata cita-cita, aku ingin menjadi pengarang dimana karya tulisku bisa dipublikasikan dan dinikmati banyak orang. Tetapi, aku berubah pikiran sebab aku malas menulis. Namun kini aku bisa! Aku memiliki bakat untuk mencurahkan goresan tinta penaku yang ternyata bisa memukau dan terkadang  menghipnotis orang lain sehingga apa yang kutulis dapat dirasakan oleh mereka. Alhamdulillah.. J Di sekolah ini, kuraih angan-anganku!!

Kemudian, anganku yang keempat. Aku ingin karyaku dipublikasikan. Setelah berhasil membuat laporan perjalanan ke Malaysia dan Singapore, aku ditugaskan oleh Pak Mirdas untuk membentuk Jurnal Club. Alhamdulillah, aku dipercaya menjadi Ketua Tim Jurnalis yang dibantu oleh Ibu Ananingtyas. Namun, jasa beliau tak sebanding dengan hasil karya kami. Beliau tak henti-hentinya mengingatkan kami untuk terus berkarya, beliau yang menjadi pembimbing dan informan bagi kami. Thanks a lot for you, Miss Aning. Lalu, Fajar Hidayah bekerja sama dengan Redaksi Majalah Potret, sebuah Media Perempuan Aceh dimana di Potretlah untuk pertama kalinya aku mempublikasikan karya tulisku bersama teman-teman Tim Jurnalis dan membawa nama Fajar Hidayah. Kami sangat senang dan membuat kami terus bersemangat dalam berkarya. Alhamdulillah… J Di sekolah ini, kuraih angan-anganku!!

Sebenarnya, masih banyak angan-angan lainnya yang kuraih di Sekolah Fajar Hidayah. Namun, aku hanya bisa menyampaikan yang benar-benar ingin kucapai. Di sekolah ini, kuraih angan-anganku!! Aku yakin… haqqul yakin… di sekolah Fajar Hidayah ini, aku bukan hanya menjadi yang terbaik namun juga melakukan yang terbaik bagi semua orang. Aku yakin aku bisa menggapai cita-cita tertinggiku demi diriku dan bagi sosok yang paling kusayangi, kumuliakan dan kubanggakan… Ayah dan Ummiku tercinta… Amin Ya Rabb…

Alvi Rizka Aldyza

About My School Editor

Fajar Hidayah is My School!
This entry was posted in Alvi R Aldyza. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

